• LSPT Tebuireng, Cukir Diwek Jombang
  • +62 81515525972
  • admin@lspt.or.id
DONASI SEKARANG
Bersama LSPT

Rp 100,000,000

NEEDED DONATION
PHASES
0%

Rp 0

COLLECTED DONATION
In

Pendidikan dan Dakwah

LSPT sebagai Lembaga Amil Zakat yang ikut andil dalam perjuangan pendidikan, mendirikan beberapa jejaring dengan beragam program pendidikan dan beasiswa untuk siswa unggul tidak mampu.

Telah banyak prestasi yang diukir dan terbukti berkualitas setara dengan lulusan sekolah-sekolah unggulan di Indonesia. Tidak hanya untuk siswa dan mahasiswa, ada pula program pendidikan untuk guru dan sekolah TPQ.

Dakwah adalah program pemberdayaan dan pembinaan masyarakat berbasis masjid dalam bidang keagamaan, kesehatan, sosial, pendidikan dan ekonomi. Program ini dimaksudkan  untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat pemberdayaan, pembinaan, pelayanan dan pusat aktifitas masyarakat.

Program Pendidikan dan Dakwah yang selama ini digeluti oleh LSPT meliput:

  1. Peduli siswa tidak mampu
    Pendidikan merupakan aset bagi perkembangan bangsa serta menjadi hak bagi siapa saja tanpa harus memperhatikan status sosialnya. Hal tersebutlah yang menjadi komitmen LSPT dalam memperjuangkan pendidikan mereka yang secara ekonomi kurang mampu dengan memberikan bantuan finansial melalui program siswa tidak mampu.
  2. Peduli TPQ
    Program ini bertujuan memberikan bantuan biaya untuk mendukung pendidikan anak-anak yatim dhuafa jenjang SD, SMP, hingga SMA. Selain bantuan biaya pendidikan bagi anak yatim/piatu LSPT juga memberikan bantuan kepada Panti Asuhan.
  3. Wakar Al-Qur’an
    Selain peduli TPQ, juga terdapat program Wakaf AI-Qur’an, merupakan program distribusi AI-Qur’an wakaf terpadu ke daerah-daerah (pelosok) rawan aqidah dan rawan pendidikan.
  4. Peduli Yatim
    Program ini bertujuan memberikan bantuan biaya untuk mendukung pendidikan anak-anak yatim dhuafa jenjang SD, SMP, hingga SMA. Selain bantuan biaya pendidikan bagi anak yatim/piatu LSPT juga memberikan bantuan kepada Panti Asuhan.
  5. Griya dakwah
    LSPT bekerjasama dengan Ma’had Aly Tebuireng maupun institusi di bawa naungan yayasan Hasyim Asy’ari dengan mengirimkan tenaga pengajar dan kader ulama ke daerah terpencil untuk mengembangkan SDM yang berkelanjutan khususnya dalam wawasan keagamaan. Karena bagi mereka yang tinggal di pedalaman, desa terpencil, maupun perbatasan, keberadaan da’i sangat langka. Masyarakat Islam di pedalaman juga membutuhkan bantuan bimbingan keagamaan.
  6. Peduli Masjid dan Musholla
    LSPT menyediakan pendanaan untuk membantu pembangunan masjid dan musholla guna mendukung keberlangsungan ibadah umat, pendidikan keagamaan dan untuk peningkatan iman dan taqwa.
  7. P3M (peduli marbot dan Musholla)
    Kebersihan & kenyamanan tempat ibadah (Masjid & Musholla) merupakan salah satu sebab kekhusyu’an dan menarik hati masyarakat untuk singgah dan berlama lama dalam beribadah. Perihal diatas tentu tidak terlepas dari peran penanggung jawab kebersihan / marbot rumah ibadah tersebut. Sebagai apresiasi dan kepedulian terhadap Marbot, Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng merasa perlu memberikan insentif untuk membatu meringankan kebutuhan marbot dan keluarganya. Selain intensif lembaga dirasa perlu memberikan jaminan kesehatan dengan meng-Cover iuran BPJS Kesehatan Marbot .
  8. Terang Masjidku
    Senada dengan kebersihan & kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah, pencahayaan / penerangan merupakan kebutuhan pokok bagi Masjid/ Musholla terutama saat malam hari. Namun kenyataan di lapangan masih banyak ditemukan rumah ibadah yang minim penerangan. Hal tersebut akibat dari minimnya kas operasional masjid / musholla. Menaggap hal tersebut LSPT akan membantu membayarkan listrik bagi masjid / musholla yang masih kekuranga kas operasional bulanan.
  9. Rumah mengaji/membaca
    Dalam rangka membantu cita cita pemerintah mencerdaskan anak bangsa, Lembaga Sosisal Pesantren Tebuireng berencana mendirikan sejumlah Sanggar – sanggar maupun wadah bimbingan belajar bagi anak-anak di sejumlah wilayah di Kab. Jombang bekerjasama dengan masyarakat setempat. Sanggar & wadah tersebut akan dilengkapi dengan perpustakaan mini yang berisi buku-buku serta referensi yang di butuhkan agar dapat dimaksimalkan untuk bimbingan pelajaran maupun mengaji bagi anak anak yang membutuhkan. Utamanya yatim / dhuafa’.
  10. TPQ lansia
    Dalam rangka memberikan bimbingan bagi lansia LSPT merasa perlu bekerjasama kepada majelis ta’lim di beberapa daerah untuk memberikan bimbingan secara khusus kepada para lansia, salah satunya dengan mendistribusikan Ustadz/Ustadzah agar dapat melakukan pendampingan secara optimal. TPQ Lansia ini akan di lengkapi dengan program “Tanya Ustadz/Ustadzah”.
  11. Senyum Yatim dan Dhuafa
    Bentuk kepedulian LSPT terhadap masyarakat utamanya anak yatim & dhuafa’ merupakan ciri khas tersendiri. Bagi LSPT membantu tidak cukup hanya berupa barang maupun uang tunai bulananan. Namun pendampingan serta support menjadi penting demi Senyum dan Semangat bagi mereka. Oleh hal dia atas LSPT merasa perlu Bersilaturrahim secara langsung untuk mengetahui kondisi yatim / duafa’ di sejumlah wilayah sebagai wujud kepeduliaan serta memberi support terhadap mereka. Kegiatan ini akan melibatkan Mahaiswa & santri di lingkungan Pesantren Tebuireng.

Kedepan, tidak menutup kemungkinan akan adanya tambahan mengenai siapa saja yang akan kita perjuangkan dalam kesejahteraannya