• LSPT Tebuireng, Cukir Diwek Jombang
  • +62 81515525972
  • admin@lspt.or.id
DONASI SEKARANG
In News,Pendidikan

Bekerjasama dengan Tebuireng Initiatives dan Ma’had Aly, LSPT Kembali Lakukan Program Pengabdian Masyarakat

Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng kembali melakukan program rutinan Griya Dakwah pada Ramadan 1443 H. Kegiatan ini diberi nama Program Pengabdian Masyarakat. Tidak sendiri, LSPT bekerjasama dengan Tebireng Initiatives dan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.

Di berangkatkan pada Rabu, (30/05), sebanyak 15 Mahasantri Ma’had Aly – 8 putra, dan 7 putri mengabdi di Dkh. Pokah, Dusun Mangirejo, Wonosalam, Kabupaten Jombang hingga 15 Ramadan mendatang.

Program Griya Dakwah yang telah berlangsung sejak 2019 ini terus dilakukan LSPT guna membantu masyarakat dalam pembimbingan ubudiyah dan menghidupkan desa pada saat bulan Puasa.

“Alhamdulillah, ini sudah memasuki tahun ke 3. Kita terjunkan kesana, karena memang disana banyak kekurangan tokoh. Dengan adanya program ini, kami harap dapat membantu masyarakat menghidupkan masjid,” kata Afif Abdul Rokhim (Direktur LSPT), Sabtu, (02/04).

Baca Juga : LSPT Tebuireng Berikan Inkubator Gratis Pada Bayi Yang Terlahir Prematur

Sambutan masyarakat setempat pun positif terhadap program pengabdian ini. “Alhamdulillah, respon masyarakat sangat baik. Mulai dari bersedia menerima kami, menyediakan tempat tinggal, hingga membagikan sebagian makanan mereka untuk kami,” kata Ahmad Fikri, salah satu Mahasantri yang mengikuti Pengabdian Masyarakat, Senin, (04/04).

“Untuk tempat tidur, yang laki-laki tinggal di Masjid al-Ikhlas, Pokah. Yang perempuan tinggal di rumah ketua takmir masjid tersebut,” tambahnya.

Bekerjasama dengan Tebuireng Initiatives dan Ma’had Aly, LSPT Kembali Lakukan Program Pengabdian Masyarakat

Dok. Foto : Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari saat memberikan kajian kepada masyarakat Wonosalam dalam Program Pengabdian Masyarakat.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dari awal Ramadan adalah ngaji kitab bersama –Safinatun Najah dan Al-Shiyaam setiap ba’da subuh dan ashar; pelatihan pengembangan skill pemuda/i desa seperti pelatihan untuk berdakwah (Da’i) dan banjari yang ditutori langsung oleh Kumpulan Da’i Tebuireng (Kudaireng) dan Banjari Ma’had Aly Hasyim Asy’ari; serta pelatihan kerajinan tangan untuk anak-anak usia Sekolah Dasar.

Tak hanya itu, Fikri juga menyebutkan, bahwa kedepannya juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini yaitu program pendampingan kepada orang-orang lanjut usia (lansia) dengan memberikan kebutuhan sembako gratis.

Baca Juga : Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru, LSPT Tebuireng Salurkan Donasi

Baik pihak LSPT, Tebuireng Initiatives dan Mahasantri Ma’had Aly berharap, Program Griya Dakwah ini dapat meningkatkan pengetahuan agama masyarakat setempat. Tak hanya itu, harapannya juga semoga keterampilan pemuda-pemudinya dapat terasah.

“Harapannya, semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat kepada masyarakat setempat, LSPT, Tebuireng Initiatives, dan tentunya pembentukan karakter teman-teman Ma’had Aly,”  tutupnya.

LSPT Tebuireng

Menebar Manfaat untuk Umat

 

Pewarta : Rokhimatul Inayah