• LSPT Tebuireng, Cukir Diwek Jombang
  • +62 81515525972
  • admin@lspt.or.id
DONASI SEKARANG
In Artikel

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Dalam artikel sebelumnya, telah dijelaskan tentang anjuran sedekah di bulan Ramadan. Namun belum tuntas, karena keutamaannya belum diuraikan. Sedekah menjadi sangat diutamakan di bulan Ramadan, karena umat Muslim banyak yang menjalankan ibadah puasa. Seperti dalam hadis Nabi berikut ini :

“Sedekah yang paling afdhal adalah yang diberikan di bulan Ramadan.” (HR Tirmidzi)

Lantas, apa saja manfaat dan keutamaannya?

1. Pahala Berlipat Ganda

Sama seperti amalan lainnya, bersedekah di bulan Ramadan juga membuat pahala dilipatgandakan. Anda dapat  memberikan takjil atau makanan untuk berbuka di masjid-masjid atau untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

2. Penggugur Dosa

Keutamaan bersedekah di bulan suci Ramadan berikutnya ialah sebagai penggugur dosa. Meskipun demikian, aktifitas ini harus disertai dengan taubat nasuha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh serta tidak akan mengulangi perbuatan dosa itu kembali.

3. Jaminan Surga

Contoh sedekah di bulan Ramadan yang bisa mendapatkan jaminan surga adalah mengerjakan tiga amalan yang dilakukan secara berkesinambungan yaitu puasa, salat malam, dan sedekah. Ketika ketiga amalan tersebut dilakukan dengan rutin, ikhlas, dan sepenuh hati pada saat bulan Ramadan, maka Allah SWT akan membuka kesempatan kepada hamba-Nya untuk menuai pahala yang luar biasa yaitu menghapus dosa yang telah lalu dan jaminannya ialah surga.

Baca Juga : Anjuran Sedekah di Bulan Ramadan

4. Jauh dari Api Neraka dan Siksa Kubur

Sedekah di bulan Ramadan juga memiliki keutamaan lain, yaitu membebaskan seorang yan bertakwa yang suka bersedekah dari siksaan saat masih di dalam kubur. Tidak hanya itu, memberikan donasi kepada orang lain juga akan menjauhkan umat muslim dari siksaan api neraka. Bentuknya pun beragam. Misalnya, memberikan senyuman kepada orang lain dengan tulus. Tentunya, semakin banyak amalan tersebut diberikan, akan semakin jauh dari siksa api neraka.

5. Investasi Akhirat

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan tidak hanya berdampak pada kehidupan di dunia saja, melainkan bisa sebagai bekal untuk di akhirat kelak. Investasi akhirat di dalam agama Islam disebut dengan amal jariyah. Amal  jariyah adalah harta yang dikeluarkan di jalan Allah dalam bentuk infak sedekah, hibah, zakat, hadiah, dan wakaf yang akan mengalir menjadi multimanfaat.

Di zaman yang serba canggih ini, bersedekah bahkan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus bertemu secara langsung dengan orang-orang yang akan diberikan sedekah. Anda dapat menyalurkan sedekah melalui website Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT). Insya Allah, apa yang ada berikan akan disalurkan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan, seperti fakir miskin dan anak-anak yatim.

Wallahu a’lam bissawab …

LSPT Tebuireng

Menebar Manfaat Untuk Ummat …

 

Penulis : Rokhimatul Inayah