Anjuran Perbanyak Sedekah di Bulan Ramadan

Ad
Anjuran Perbanyak Sedekah di Bulan Ramadan

Keistimewaan bulan Ramadan bukan hanya karena sebagai bulan dimana umat Islam berpuasa selama sebulan lamanya. Akan tetapi, dibalik itu semua, bulan Ramadan memberikan banyak keberkahan. Banyak umat Islam berbondong-bondong melakukan kebaikan, karena pahala yang didapatkan akan berlipat ganda.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan adalah bersedekah. Sebenarnya, sedekah dapat dilakukan kapan saja tanpa ada aturan wajib berupa keterbatasan waktu ataupun harus dalam jumlah tertentu. Akan tetapi, sedekah yang di keluarkan di bulan Ramadan bernilai lebih, apalagi jika diberikan kepada saudara sesama muslim yang juga tengah menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga : Ketentuan dalam Sedekah

Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk banyak bersedekah di bulan suci Ramadan. Ada banyak keutamaan sedekah yang bisa kita peroleh saat bulan Ramadan, berikut di antaranya:

  1. Harta menjadi berkah dengan bersedekah. Hal ini sudah tercantum dalam QS. Saba : 39 yang artinya Allah akan mengganti rezeki atas harta yang telah dinafkahkan. Namun orang-orang masih ragu untuk membagikan sebagian hartanya.
  2. Berikutnya yaitu menghapus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam HR. At-Tirmidzi bahwa sedekah itu bisa menghapus dosa seperti air memadamkan api. Untuk manusia yang ikhlas berbagi kepada sesama maka ia akan mendapat yang terbaik dan diampuni dosanya.
  3. Mencegah Perbuatan Maksiat Manusia tidak bisa terlepas dari kegiatan jual-beli. Dalam ruang lingkup perdagangan di tengah masyarakat, perbuatan maksiat masih rentan terjadi. Karena itu, sedekah jadi salah satu cara mencegah perbuatan maksiat.
  4. Mendapatkan pahala berlipat ganda. Terkait pahala ini, sudah tercantum dalam QS. Al-Hadid ayat 18 bahwa orang yang bersedekah baik laki-laki, perempuan akan Allah lipatgandakan begitu juga dengan pahalanya. dari apa yang telah kami berikan sebelum kematian datang dan menyesal.
  5. Sedekah juga bisa menjadi investasi di akhirat. Dalam hal ini, memberi infak kepada orang yang membutuhkan bisa menjadi amal baik bagi kita semua. Pada saat akhirnya tiba, amal kebaikanlah yang bisa menyelamatkan Anda dari siksa api neraka.
  6. Sedekah di bulan Ramadan juga bisa membuat hati lebih tenang. Mereka yang tidak membagi sebagaian hartanya maka akan mendapat penyesalan. Dalam QS. Al-Munafiqun: 10 dibahas bahwa infakanlah sebagian harta yang Allah berikan sebelum kematian dan menyesal.
  7. Membuka pintu kebaikan merupakan keutamaan sedekah Ramadan yang membuahkan banyak hal baik. Rasulullah SAW juga bersabda bahwa Allah maha memberi, mencintai kedermawanan dan akhlak mulia. Allah juga membenci sesuatu hal buruk.

Untuk memudahkan Anda dalam bersedekah, Anda dapat menyalurkannya melalui Lembaga amil zakat seperti Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT). InsyaAllah, sedekah yang ada berikan akan disalurkan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

LSPT Tebuireng

Menebar Manfaat untuk Ummat …

Wallahu a’lam bissawab …

Ad
Anjuran Perbanyak Sedekah di Bulan Ramadan
Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *